Pengertian dan Fungsi Bondek

Bondek adalah bahan pendukung Plat Lantai Beton Komposit yang terbuat dari Plat baja berkekuatan tinggi, digalvanis secara sempurna dengan sistem celup panas dan dilapisi dengan zinc yang tahan karat. berfungsi sebagai bekisting sekaligus merupakan Tulangan Positif searah.

Bondek di desain untuk mengkonversi penggunaan besaran diameter besi dan tebal cor bondek di konversi menjadi lebih irit. Sistem tekuk (gelombang plat) ini juga sekaligus membantu kekuatan struktur beton cor plat lantai.

Ukuran bondek mempunyai dimensi mulai dari ketebalan 0.65 mm, 0.75 mm dan 1.mm, sedangkan lebarnya 1 meter dan panjang 12 meter. Cara mengaplikasikannya yaitu arah ruas lipatan untuk bentang (jarak) antar balok terpendek, misalkan; persegi bidang 3 m x 6 m maka pakailah potongan bondek panjang 2,9 m x 1 m (lebar) dan jumlah potongan adalah kurang lebih 8 lembar.

Bondek merupakan suatu material yang terbuat dari galvanis yang fungsinya untuk material bawah untuk pelapis bahwa cor lantai yang terbuat dari beton. Jika biasanya Anda melihat pelapis cor menggunakan papan tripleks, maka Bondek ini yang menggantikannya.

Plat Bondek yang berbentuk gelombang ini lebih menguntungkan karena lebih kuat menyangga cor beton yang tentunya lebih kuat dan besar. Bondek memiliki sistem kerja seperti kertas lipat penyangga obat nyamuk bakar, di mana permukaan yang bergelombang memiliki tingkat kekuatan yang lebih besar. Begitu juga dengan Bondek yang lebih kuat menyangga beton dibandingkan dengan tripleks yang memiliki permukaan yang rata. Dengan bahan galvanis juga menjadi nilai lebih dibandingkan tripleks yang berbahan kayu karena lebih kuat.

Tags: