Perbedaan alat pemadam

Perbedaan alat pemadam pada umumnya sebuah pemadam kebakaran adalah penggunaan perangkat proteksi kebakaran untuk mengontrol atau memadamkan kebakaran kecil, sering dalam kasus darurat. Hal ini tidak diusulkan untuk digunakan dalam api besar dan tidak terkendali yang membutuhkan keahlian seorang pemadam kebakaran.

alat pemadamBiasanya, alat pemadam genggam mengandung agen untuk menghapus satu atau lebih dari unsur-unsur yang menyebabkan api, umumnya dikenal sebagai segitiga api. Bahan bakar, panas, dan oksigen adalah tiga sisi segitiga api. Agen yang terkandung dalam alat pemadam kebakaran mendinginkan bahan bakar dan berfungsi sebagai penghalang antara bahan bakar dan oksigen pasokan di udara.

Api umumnya memiliki empat kelas. Kelas A api adalah penyebab oleh bakar biasa, kelas B api menyebabkan oleh cairan mudah terbakar dan gas yang mudah terbakar, kelas C api adalah penyebab oleh peralatan listrik, dan kelas D api menyebabkan oleh logam mudah terbakar. Karena itu, ada juga berbagai jenis alat pemadam yang paling sesuai dengan masing-masing kelas api dengan agen pemadam yang paling tepat.

Alat pemadam

Ada juga alat pemadam untuk kelas ABC dan merupakan alat pemadam yang serbaguna sekali untuk dirumah anda. Alat pemadam air ini sangat efektif sekali apabila anda gunakan  dan tidak meninggalkan sedikit berantakan ketika pemadam api tipe A tetapi kebakaran ini tidak digunakan pada kebakaran listrik dan pastinya ini sangat tepat sekali untuk digunakan di atas api computer namun jika peralatan terputus dari sumber listrik . Ada juga alat pemadam kebakaran yang berjenis dry chemical yang memiliki bahan kimia yang efektif memadamkan api tapi perlu dibersihkan karena dapat menjadi sangat korosif. Bahan korosif ini sering adalah kesempatan terbaik untuk mencegah kehancurang total barang – barang berharga milik anda. Dengan menggunakan bahan korosif adalah pilihan yang terbaik untuk dapat mencegah kehancuran total barang – barang berharga anda.

Ada juga alat pemadam karbondioksida yang tidak emninggalkan residu yang lengket atau bahan korosif tetapi residu yang dimiliki sangat efektif sekali dalam menjaga api dari menyalakan kembali di kertas atau kayu. Alat pemadam api CO2 tisak bekerja dengan baik untuk kebakaran kelas A karena hanya tidak bisa menggantikan oksigen yang cukup unu mencegah terjadinya perapian. Walaupun ada jenis tipe alat pemadam yang paling umum yang sering digunakan anda dapat memilih alat pemadam yang paling benar untuk rumah anda selain itu anda juga harus bisa menggunakan alat pemadam dan menghabiskan waktu untuk melatih anggota keluarga dalam penggunaan yang benar sebelum alat pemadam kebakaran yang dibutuhkan  dan cara penggunaan yang benat untuk dapat menyelamatkan rumah anda dan semua isinya yang berharga sekali untuk anda selamatkan.