Al-Azhar Memorial garden Karawang

galleri8Al-Azhar Memorial garden Karawang – Pemakaman umum khusus muslim cukup mewah saat ini tengah dibangun Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al-Azhar , di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, setelah sukses mendirikan dan mengelola puluhan sekolah, kampus, Lembaga Amil Zakat (LAZ) dan sejumlah bidang lainnya.

Lokasi pemakaman khusus muslim berbasis syariah, “Al-Azhar Memorial Garden” dibangun di atas lahan seluas 25 hektar, di Desa Cadas Desa Pinayungan Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang Jawa Barat, mulai Juli 2012, dibuka untuk masyarakat yang ada di Jakarta dan sekitarnya serta untuk warga Karawang sendiri.

Pemakaman Al-Azhar Memorial Garden, dibangun hampir mirip dengan pemakaman umum “San Diago Hill Memorial Park and Funeral Homes” dan lokasinya tidak jauh dari gerbang Tol Karawang Barat, tepatnya di KM 52 dari Jakarta kearah Cikampek.

Menurut Muhamad Yaqub, manajer bagian pemasaran kepada Pos Kota , di lokasi pemakaman Al Alhar Memorial Garden, lahan pemakamannya dibangun dengan konsep taman sesuai syariah pertama di Indonesia.

Keunggulan membeli lahan pemakaman di Al Azhar Memorial Garden, tempat pemakaman khusus untuk Muslim 100 persen sesuai Syariah, pemeliharaan sekali bayar, keamanan 24 jam, 7 hari seminggu, lokasi strategis, di sisi jalan Tol Jakarta Cikampek, hanya 60 menit dari Jakarta dan Bandung, konsep taman yang tertata rapi dan asri, dapat di pindah tangankan atau di wakafkan serta layanan jemput ziarah, ungkap Muhamad Yaqub.

Sedangkan fasilitas yang disediakan yaitu, masjid dengan kubah menyerupai masjid Nabawi, dengan disain Timur Tengah, parkir luas dan akses jalan lingkungan, walkway/jalan setapak, lounge dan playground, rest Area KM. 52, layanan rumah duka mulai memandikan, mengkafani dan mensholatkan.

TIGA TYPE

Sedangkan type pemakamannya menurut Muhammad Yaqub, untuk type single, luas 4.5 (1,5 x 3 M) harga tunai Rp 21.903.750, harga cicilan 12 X a Rp 1968.854/bulan, type double, luas 13.65 M2 (1.5 M x 3.9 M), harga tunai Rp. 72.765.000, harga cicilan a Rp. 6.409.383/Bulan, type famili, luas 26.25 M2 (7.5 M x 3.5 M), harga tunai Rp. Rp. 199.237.500, harga cicilan, a Rp. 17.887.292/Bulan.

Pemakaman al azhar dibuat seperti taman atau lapangan golf sehingga jauh dari kesan angker atau menyeramkan seperti kesan pemakaman pada umumnya. Hingga saat ini, sejak mulai dipasarkan dari rencana 30. 000 unit (lubang makam), diantaranya telah ada yang pesan 50 orang yang kebanyakan warga Jakarta Selatan dan sekitarnya.

Camat Telukjambe Timur, Hilda Safrida, SH, membenarkan di daerahnya sedang dibangun pemakaman umum khusus muslim yang dibangun Yayasan Al Azhar dari Jakarta, saat ini sedang tahap perataan lokasinya.

Begitu juga menurut Sekretaris Desa Pinayungan, Agus Suherman, pihak perusahaan yang sedang membangun pemakaman umum unutk muslim tersebut, saat ini sedang tahap perataan lahannya yang semula berupa lahan perkebunan dan sebagian kecil persawahan tadah hujan.

“Kami berharap dengan dibangunnya lokasi pemakaman umum itu, warga desa kami bisa bekerja di lokasi tersebut,” kata Agus